Sabtu, 13 Juni 2009

TIPS MEMBERSIHKAN RUMAH LAMPU MOBIL

TIPS MEMBERSIHKAN RUMAH LAMPU MOBIL

Lampu mobil kalau dilihat dari depan sebenarnya terdiri dari kaca (mika), batok, bohlam dan rumahnya.Namun komponen vital yang ada dimobil anda ini sebenarnya sangatlah penting, terutama saat perjalanan malam hari dan saat menghadapi kendala cuaca yang kurang bersahabat seperti saat hujan maupun kabut.Untuk itu jangan begitu saja anda mengabaikan fungsi sebenarnya, apalagi perawatannya.Sebab jangan sampai saat ditengah perjalanan, baru anda menyadari betapa pentingnya fungsi alat tersebut.

Untuk itu bagi pemilik kendaraan mesti rajin mengkontrol, sebab kalau tidak dibersihkan, air atau debu yang ada di dalam bisa membuat sebaran cahaya tidak merata.Jika tidak rapat, air dan debu bisa masuk diantara sela-sela rumah lampu dan mika.Hal ini tentunya akan mengganggu pandangan saat mengemudikan kendaraan dan yang terpenting akan mengurangi fokus konsentrasi anda terhadap jalur yang dilalui.Banyak survei yang membuktikan tingginya angka kecelakaan berawal dari faktor ini.

Jika dibiarkan terus menerus dan tidak cepat dibersihkan akan membuat lapisan krom yang ada direflektor mengelupas.Bahkan akan membuat warna mika lampu memudar akibat adanya daki dan tidak jarang akan timbul pecah-pecah pada komponennya, sehingga umur pakai tidak bertahan lama.Jika punya waktu mari kita membersihkan rumah lampu dengan langkah-langkah di bawah ini.

1. Siapakan peralatan seperti dryer (pengering rambut),kape, ampelas grade 1.500, kuas cat kecil, sikat gigi bekas, cairan pembersih, kompon, wax, mesin poles, obeng kembang, dan tang.

2. Lepas baut pengikat rumah lampu terlebih dahulu memakai obeng kembang.Kemudian buka rumah lampu denga dibarengi semprotkan dryer, hal ini dimaksudkan agar lapisan lem atau sealernya melunak.Bila perlu bisa dibantu dengan dicungkil pakai kape, sehingga akan menjadi gampang melepas mika dari rumah.Lakukanlah secara perlahan-lahan dan hati-hati.

3. Setelah semuanya terlepas, bersihkan bagian-bagiannya dengan kuas cat kecil atau sikat gigi bekas bila sulit dijangkau.Kemudian lanjutkan dengan membersihkan reflektor dengan cairan pembersih atau air sabun untuk melenyapkan debu atau jamur.Setelah bersih, bisa dipoles dengan wax supaya badan rumah lampu kembali mengkilap.

4. Giliran berikutnya mika lampu dibersihkan dengan air dan sabun.Untuk menghilangkan ‘daki’ gunakan sikat atau ampelaas 1.500.Namun ingat! Hanya pada sela-sela mika satau sambungannya saja,bukan pada permukaannya.Sebab bila tidak, justru akan bisa mengakibatkan baret.

5. Bekas ampelas disambungan atau sela-sela tadi segera diberi kompon, agar dapat mengikis daki yang timbul karena endapan air dan debu.Kemudian mika lampu dipoles dengan wax, hal ini dilakukan supaya bening dan arah pancaran tidak memudar.

6. Sambungkan kembali reflektor pada rumah lampu berikut mika lampu, dengan cara sebelumnya dipanaskan terlebih dulu menggunakan dryer pada bagian lapisan lem atau sealer agar bisa merekat kembali.Gunakan tang untuk menekan di sekitar sambungan antara mika dan rumah lampu, tapi ingat jangan terlalu keras menekannya sebab jika tidak hati-hati akan membuat pecah pada bagian yang ditekan dengan tang. Setelah itu, pasang kembali baut pada semua rumah kaca lampu, dan siap dipasang pada mobil anda.

7. Selamat mencoba. Dijamin rumah lampu pada mobil anda akan kembali bersih seperti semula...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar