Jumat, 29 Mei 2009

TIPA TERTIB,AMAN DAN NYAMAN SAAT BERKENDARA

MBONCENG NYAMPING RAWAN TERGULING

Di Indonesia ada semacam aturan yang tak tertulis bagi mereka kaum wanita saat membonceng sepeda motor.Yakni cara duduk yang dianggap paling sesuai dengan kaidah tata krama, adalah duduk menyamping dengan kaki tertutup rapat.

Para wanita seringkali dianggap tidak sopan jika saat membonceng duduknya nyemplak alias posisi tubuh menghadap ke depan, tepat berada di belakang pengendara.Alasannya, selain tidak sedap dipandang, cara duduk seperti itu dianggap bisa mengurangi sisi feminim dari seorang perempuan.

Tentu saja cara pandang seperti itu bisa dianggap sah-sah saja.Apalagi jika si pembonceng mengenakan rok.Logikanya, jelas tidak mungkin bisa duduk nyaman jika dalam posisi menghadap ke depan, akan ribet urusannya nanti.

Maka sangat disarankan untuk memilih busana atau pakaian yang tidak membuat ribet saat mengendarai motor, misalnya celana panjang.Kalaupun harus memakai rok, sebisa mungkin dipilih model yang tidak menganggu kenyamanan.

Mengapa perlu dipilih pakaian yang sesuai, sebab dengan cara duduk menyamping saat membonceng lebih berbahaya ketimbang duduk searah dengan pengemudi.Idealnya, gerakan tubuh orang yang dibonceng mesti seirama dengan gerakan pengemudi.Sehingga memudahkan pengemudi melakukan manuver-manuver penting, seperti menikung atau menyalip disela-sela padatnya lalu lintas.

Banyak pengalaman yang terjadi jika hal ini dihiraukan, ada yang terjatuh saat si pengendara menikung.Hal ini diakibatkan kerena si pembonceng mengenakan rok yang terlalu pendek, tubuhnya tak seirama dengan gerakan pengendara yang menganggu keseimbangan laju kendaraan bermotor.Apalagi saat itu posisi tangan pembonceng tidak berpegangan erat dengan pengemudi.

Jadi bagi anda yang terbiasa beraktifitas dengan sepeda motor, apalagi sering dibonceng.Pilih mana duduk manis dengan aman atau malah tubuh tersiksa dan justru dipenuhi luka...!!!

1 komentar: