Jumat, 29 Mei 2009

TIPS POSISI DUDUK SAAT DIKENDARAAN

DUDUK SERILEKS MUNGKIN, PERJALANAN TAK MELELAHKAN

Bagi anda yang terbiasa beraktifitas sehari-hari didalam kendaraan atau mobil, bahkan sering mengemudikan mobil sendiri.Lakukan kebiasaan yang dapat membuat perjalanan anda terasa nyaman dan rileks, tanpa dihantui rasa pegal pada sekujur badan, terutama pada punggung.Sebab banyak terjadi kecelakaan, yang diawali dengan kelelahan akibat posisi duduk.

Hal pertama yang harus diperhatikan lebih dahulu adalah biasakan untuk selalu menyetel jok mobil yang akan anda kendarai sebelum melaju.Ini bertujuan agar tercapai posisi mengemudi yang pas dan sesuai dengan karakter anda.Penyetelan bisa dilakukan berulang-ulang, bila dirasa tak nyaman lagi atau tubuh merasa pegal-pegal.

Sebab banyak pengemudi yang saat akan melaju tidak mengindahkan hal tersebut, apalagi jika mobil digunakan secara bergantian.Tentu karakter atau cara duduk pengemudi sebelumnya akan berbeda dengan saat anda mengemudi, jangan takut untuk merubahnya.

Hal kedua yang mesti diperhatikan adalah pemilihan jok mobil, sebab hal ini akan berpengaruh pada tingkat kenyamanan anda saat berkendara.Pilihlah jok mobil yang mempunyai konstruksi kokoh dan kuat.Jika tidak demikian, jok tidak akan mampu menyangga tubuh anda dalam waktu yang lama.Hal ini justru akan berakibat fatal, bila terjadi benturan yang hebat akan mampu menahan bobot badan anda.

Selain itu juga pilih bahan jok yang tebal namun dapat bertahan lama.Ini jauh lebih penting ketimbang anda memilih jok yang terbuat dari bahan lunak.Awalnya memang terasa nyaman, karena juga bahan baru.Namun bila lama-kelamaan badan akan terasa tenggelam akibat alas bahan jok yang mulai menipis.

Berikutnya adalah perhatikan pula posisi ideal pada saat mengemudi.Tubuh tidak boleh melengkung (ke depan), hal ini akan cepat membuat sekujur tulang belakang merasa lelah.Dan yang terpenting adalah usahakan mempunyai jarak yang pas, aman dan nyaman, antara jangkauan tangan dan kaki ke kemudi serta panel gas, rem dan persneling.Sehingga selain mata tetap fokus pada pandangan depan, badan maupun anggota tubuh yang lain masih bisa menjalankan fungsinya.

Yang terpenting lagi, jangan duduk terlalu maju sehingga terkesan mendekap stir kemudi.Kebanyakan wanita memilih posisi seperti ini.Hal demikian justru malah membahayakan.Karena tidak terdapat area yang luas untuk mengontrol tangan dan kaki.Belum lagi bila kedua lutut juga ikut tertarik keatas.

Maka usahakan untuk duduk serileks mungkin.Selain dilihat juga enak, badan tidak akan cepat terasa capek.Dan yang terpenting perjalanan anda akan terasa nyaman.

1 komentar: